KEEFEKTIFAN PROGRAM IBM TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM BIDANG TIK DI SMK KLATEN

Dr., Suparman and M.Si., Iwan Hartadi Tri Untoro and M.Pd., Yudi Ari Adi (2015) KEEFEKTIFAN PROGRAM IBM TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM BIDANG TIK DI SMK KLATEN. In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2015, 10 Januari 2015, Hotel Cavinton, Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Suparman.pdf] Text
1. Suparman.pdf

Download (38kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan guru dalam bidang TIK merupakan salah satu faktor yang menyebabkan guru belum mengoptimalkan penggunaan TIK sebagai sarana untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam bidang TIK adalah dengan memberikan suatu pelatihan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan kemampuan guru dalam bidang TIK antara sebelum mendapatkan pelatihan dan setelah mendapatkan pelatihan di SMK Tunggal Cipta Manisrenggo dan SMK Widya Kusuma Prambanan, Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Tunggal Cipta Manisrenggo dan SMK Widya Kusuma Prambanan yang keseluruhannya berjumlah 69 guru. Sampel yang berjumlah
16 guru diambil dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode non tes dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket.
Analisa data menggunakan uji Jumlah Rang Tanda Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan guru dalam TIK antara sebelum mendapatkan pelatihan dan setelah mendapatkan pelatihan. Hasil uji Jumlah Rang Wilcoxon satu pihak menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam bidang TIK setelah diberikan pelatihan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan pelatihan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program IbM secara efektif meningkatkan kemampuan guru dalam bidang TIK.
Kata kunci: keefektipan, program IbM, TIK

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Unnamed user with email semnasppm@uad.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:21
Last Modified: 26 Apr 2018 02:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item View Item