Repository Universitas Ahmad Dahlan

Kualitas Pengembangan Profesi Guru Prodi Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Yogyakarta

Zulaikhah, Siti and Noor Achsan, Bambang and Jumintono, Jumintono Kualitas Pengembangan Profesi Guru Prodi Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Yogyakarta. PROSIDING NUSANTARA. pp. 49-54. ISSN 978-967-0194-76-9 (Unpublished)

[img] Text
PROSIDING ANTARABANGSA TVET 2017 UTM & UAD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengembangan profesi guru Prodi Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru prodi Teknik Instalasi Tenaga Listrik di 3 SMK di Yogyakarta yang berjumlah kurang lebih 60 guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen untuk menguji validitas isi angket dalam penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas 4 tahap: editing, tabulating, analiting serta interpreting, dan yang terakhir concluding. Kualitas pengembangan profesi guru di SMK menunjuk pada kemampuan institusi (sekolah) mengelola penyelenggaraan berbagai aktivitas yang bertujuan meningkatkan keprofesian guru. Tiga pilar perlu dikelola oleh sekolah untuk menjaga kompetensi guru tetap terbarukan, yaitu : 1) Guru pembelajar; 2) Teaching Factor; 3) Guru dengan keahlian ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengembangan profesi guru prodi teknik instalasi tenaga listrik di 3 SMK Yogyakarta yaitu di SMKN 1 Pleret, SMKN Sedayu, dan SMKN Pundong yang berjumlah 51 guru, 92, 2% atau 47 guru masuk kategori rendah.. Kualitas pengembangan profesi guru terdiri dari 3 indikator kegiatan yaitu: 1) Guru pembelajar; 2) Teaching Factor; 3) Guru dengan keahlian ganda. Dengan kemampuan guru sebagai guru pembelajar dan mempunyai keahlian ganda dalam mengaplikasikan ilmu maka akan tercipta kualitas pengembangan profesi guru Prodi Teknik Instalasi Tenaga Listik yang baik. Kegiatan karya inovatif dilihat dari aspek keaktifan guru dalam menciptakan teknologi tepat guna, memodifikasi teknologi tepat guna, membuat alat pembelajaran, memodifikasi alat pembelajaran, mengembangkan model pembelajaran, serta dilihat dari aspek keikutsertaan guru dalam kegiatan penyusunan standar proses pembelajaran dan penilaian pendidikan, penyusunan pedoman silabus, Rencana Pembelajaran dan Pengajaran, serta kisi-kisi soal, dan kegiatan penyusunan soal. Kata Kunci : Kualitas Pengembangan Profesi Guru Prodi Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Yogyakarta

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi
Depositing User: Septiyan Hariyanto
Date Deposited: 12 May 2018 03:24
Last Modified: 12 May 2018 03:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10269

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.