Pelaksanaan Model Pembelajaran Teaching Factory Pada SMK Program Keahlian Teknik Ketenaga Listrikan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di Kabupaten Bantul

Kusen, Mohamad and Kuat, Tri and Santosa, Budi Pelaksanaan Model Pembelajaran Teaching Factory Pada SMK Program Keahlian Teknik Ketenaga Listrikan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di Kabupaten Bantul. PROSIDING NUSANTARA. pp. 55-63. ISSN 978-967-0194-76-9 (Unpublished)

[thumbnail of PROSIDING ANTARABANGSA TVET 2017 UTM & UAD.pdf] Text
PROSIDING ANTARABANGSA TVET 2017 UTM & UAD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari semakin banyaknya lulusan SMK yang banyak menganggur, menurut pengamatan penulis salah satunya karena disebabkan lulusan kurang kompeten, untuk meningkatkan kompetensi salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran teaching factory. Dari hasil penelitian pada SMKN Kompetensi Keahlian TITL dapat disimpulkan bahwa: (1) hampir semua SMKN kompetensi keahlian TITL mendukung pelaksanaan model pembelajaran teaching factory dengan menyiapkan sarana prasarana preaktek. (2) guru telah menyiapkan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi model pembelajaran teaching factory (3) siswa menyambut pelaksanaan model pembelajaran ini dengan senang hati.(4) faktor pendukung model ini perlu diupayakan dan ditingkatkan sedangkan faktor penghambat harus segera dicari jalan keluarnya. Model pembelajaran teaching factory terdiri dari enam langkah yang dikembangkan di SMKN Kabupaten Bantul yaitu: (a). menerima order (b) menganalisa order (c) menyatakan sisap melaksanakan order (d) mengerjakan order (e) melakukan quality control (f) menyerahkan order.
Kata kunci: Model pembelajaran, teaching factory, dan kompetensi keahlian.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septiyan Hariyanto
Date Deposited: 14 May 2018 01:51
Last Modified: 14 May 2018 01:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10270

Actions (login required)

View Item View Item