PELATIHAN PENANGGULANGAN PENDERITA GAWAT DARURAT (PPGD) BENCANA DAN MANAJEMEN KESEHATAN REPRODUKSI SEBAGAI UPAYA DALAM KESIAPSIAGAAN BENCANA DI DESA POTORONO, KAB.BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Wijaya, Oktomi and Matahari, Ratu (2018) PELATIHAN PENANGGULANGAN PENDERITA GAWAT DARURAT (PPGD) BENCANA DAN MANAJEMEN KESEHATAN REPRODUKSI SEBAGAI UPAYA DALAM KESIAPSIAGAAN BENCANA DI DESA POTORONO, KAB.BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. UAD. (Submitted)

[thumbnail of Oktomi Wijaya_LAPORAN PPM PPGD 2018.pdf] Text
Oktomi Wijaya_LAPORAN PPM PPGD 2018.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Press Release_PPM Oktomi Wijaya.pdf]
Preview
Text
Press Release_PPM Oktomi Wijaya.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Bantul merupakan salah satu wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki potensi tinggi terhadap terjadinya bencana. Potensi-potensi bencana di Kabupaten Bantul diantaranya adalah banjir, angin puting beliung, gempa bumi, kekeringan, dan tanah longsor. Situasi krisis membuka peluang untuk tidak terpenuhinya hak reproduksi pada pengungsi, sehingga dijumpai kasus kekerasan seksual, kesakitan dan kematian akibat tidak terpenuhinya kebutuhan pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta kurangnya layanan Keluarga Berencana yang berhubungan dengan kehamilan tidak diinginkan.
Masyarakat awam juga memiliki peran penting dalam penanggulangan bencana sektor kesehatan dalam kondisi tanggap darurat, kemampuan masyarakat dalam memberikan pertolongan darurat sangatlah penting, minimal untuk memberikan pertolongan kepada keluarga serta melindungi hak-hak kesehatan reproduksi para pengungsi. Kegiatan pelatihan ini bekerjasama dengan Pengurus Ranting Muhammadiyah di wilayah Potorono Utara Kabupaten Bantul.
Kata Kunci: Kebencanaan, Tanggap Darurat, Kabupaten Bantul

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: Ratu Matahari
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:52
Last Modified: 21 Jun 2018 04:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item