Penerimaan Diri (Self-Accaptance) Pada Penyandang Tunarungu

Hasriani, Hasriani (2018) Penerimaan Diri (Self-Accaptance) Pada Penyandang Tunarungu. Fakultas Psikologi. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

[thumbnail of PENERIMAAN DIRI (SELF-ACCAPTANCE) PADA PENYANDANG TUNARUNGU.pdf] Text
PENERIMAAN DIRI (SELF-ACCAPTANCE) PADA PENYANDANG TUNARUNGU.pdf

Download (164kB)

Abstract

Tunarungu adalah kondisi tidak berfungsinya organ pendengaran atau telinga pada seseorang. Kondisi seperti ini menyebabkan individu tersebut mempunyai keterbatasan dalam merespon suara yang ada disekitar sehingga menyulitkan untuk berinteraksi dengan orang lain. Keterbatasan fisik menyebabkan seseorang tidak percaya diri sehingga membuat mereka sulit untuk menerima diri. Individu yang dapat menerima dirinya adalah individu yang memahami kelebihan maupun kekurangannya dan bersedia hidup dengan kondisi apapun yang dimilikinya serta individu tidak terjebak dalam kemarahan dan kasihan terhadap diri sendiri atas keterbatasan yang dimiliki. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan diri pada penderita tunarungu. Subjek penulisan ini adalah peyandang tunarungu Deaf Art Community (DAC). Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dilapangan bahwa subjek dapat menerima dirinya dengan baik, adanya pandangan diri yang positif serta dukungan keluarga dan lingkungan. Selain itu, penghambat penerimaan diri adalah adanya pandangan diri yang negatif. faktor lain dari penerimaan diri adalah faktor religiulitas sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor yang sangat mempengaruhi penerimaan diri seseorang berasal dari dalam dirinya sendiri.

Kata kunci: penerimaan diri, tuna rungu, komunitas

Item Type: Artikel Umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Hasriani
Date Deposited: 29 Jun 2018 02:25
Last Modified: 29 Jun 2018 02:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item