Hasil Peer Review Teman Sejawat " UJI SITOTOKSISITAS DAN ANTIPROLIFERATIF FRAKSI ETIL ASETAT EKSTRAK ETANOL BIJI JINTEN HITAM (Nigella sativa, Lour) TERHADAP SEL MIELOMA"

Hayu Nurani, Laela (2011) Hasil Peer Review Teman Sejawat " UJI SITOTOKSISITAS DAN ANTIPROLIFERATIF FRAKSI ETIL ASETAT EKSTRAK ETANOL BIJI JINTEN HITAM (Nigella sativa, Lour) TERHADAP SEL MIELOMA". Fakultas Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of 17.Hasil Review Sel Mieloma.pdf] Text
17.Hasil Review Sel Mieloma.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kanker merupakan penyakit karena sel yang berproliferasi secara pesat dan terus-menerus (proliferasi). Jinten hitam (Nigella sativa, L.) merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas sitotoksisitas dan antiproliferasi ekstrak etanol dari biji jinten hitam (Nigella sativa, L.) terhadap sel Mieloma. Ekstrak etanol diperoleh dari serbuk biji jinten hitam dengan metode penyarian maserasi yang selanjutnya dilakukan fraksinasi dengan etil asetat. Uji sitotoksisitas dilakukan dengan menginkubasi sel Mieloma dengan perlakuan ekstrak etanol biji jinten hitam (Nigella Sativa, L.) dengan beberapa seri kadar yaitu 2000; 1000; 500; 250 dan 62,5 µg/ml. Pengujian dilakukan dengan metode MTT kemudian dihitung persen kematiannya. Nilai LC50 dihitung dengan menggunakan analisis probit. Penelitian dilanjutkan dengan uji antiproliferasi dengan menentukan doubling time pada perlakuan sampel kadar 125 µg/ml dan 62,5 µg/ml dengan kontrol sel pada jam ke-24, 48, dan 72. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji jinten hitam bersifat sitotoksik terhadap sel Mieloma dengan harga LC50 sebesar 177,01 µg/ml. Hasil uji antiproliferasi menunjukkan adanya penghambatan pertumbuhan. Nilai doubling time sebesar 253 jam pada kadar 62,5 µg/ml, 298,4 jam pada kadar 125 µg/ml sedangkan pada kontrol sel adalah 54,52 jam. Kata kunci : Kanker, biji Jinten Hitam (Nigella sativa L.), sitotoksik

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S2-Master of Pharmacy (S2-Farmasi)
Depositing User: Laela
Date Deposited: 23 Aug 2018 11:08
Last Modified: 09 Nov 2018 06:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item View Item