Repository Universitas Ahmad Dahlan

Pengembangan Sistem Kendali Motor Induksi Berkinerja Tinggi Menggunakan Unit Soft-Starter Dan Stall Detector Berbasis Simulink Dalam Tinjauan Pedagogi

Muchlas, M (2017) Pengembangan Sistem Kendali Motor Induksi Berkinerja Tinggi Menggunakan Unit Soft-Starter Dan Stall Detector Berbasis Simulink Dalam Tinjauan Pedagogi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text
abstrak-penelitian-2017-muchlas.pdf

Download (337kB)

Abstract

Kegiatan praktik menggunakan peralatan real di lingkungan program studi Teknik Elektro khususnya materi Pengendalian Mesin Listrik atau Sistem Proteksi memerlukan alokasi ruang dan biaya yang besar. Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan produk berupa simulator sistem kendali motor induksi berkinerja tinggi berbasis SIMULINK yang layak digunakan sebagai perangkat praktik yang efisien, fleksibel dan aman. Melalui penelitian ini ingin diperoleh pula informasi tentang kelayakan produk dalam pandangan para ahli dan persepsi calon pengguna. Model pengembangan yang digunakan adalah model konseptual dengan prosedur ADDIE (analisys, design, develop, implementation, evaluation). Kinerja produk yang dikembangkan diuji melalui tahap evaluasi formatif on going yang meliputi uji kinerja unit soft-starter dan uji unit stall detector. Kelayakan produk diuji melalui evaluasi formatif alpha test oleh ahli pembelajaran, ahli materi dan ahli media dari program studi Teknik Elektro, meliputi aspek instruksional, tampilan produk dan isi. Sedangkan uji penggunaan dilakukan melalui evaluasi formatif beta test oleh calon pengguna mahasiswa teknik elektro semester akhir. Data-data untuk uji kinerja sistem dikumpulkan melalui metode eksperimen, sedangkan pandangan para ahli dan pendapat calon pengguna digali dengan menggunakan instrumen angket tertutup yang dilengkapi ruang untuk memberikan saran-saran perbaikan produk. Analisis data untuk uji kinerja produk dilakukan dengan membandingkan hasil simulasi dengan hasil penelitian terdahulu yang sudah diyakini kebenarannya. Kelayakan produk dan persepsi pengguna dianalisis menggunakan metode persentase dengan kriteria: produk dianggap layak oleh para ahli dan diterima oleh pengguna jika persentase persepsi positifnya lebih besar dari 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kendali yang terkandung dalam produk yang dikembangkan memiliki kinerja yang tinggi, ditunjukkan oleh kemampuannya dalam: (1) mereduksi secara signifikan lonjakan arus dan torsi starting yang dibangkitkan motor selama start-up; dan (2) mematikan secara otomatis catu daya ketika motor dalam keadaan stall. Produk layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran praktik Sistem Kendali Motor Induksi Berkinerja Tinggi. Para ahli memberikan persepsi yang positif terhadap produk pembelajaran ini dengan skor 87,7% untuk aspek instruksional, 86,5% untuk aspek tampilan produk dan 97,1% untuk aspek isi. Calon pengguna memberi tanggapan yang positif terhadap produk penelitian ini yang ditunjukkan oleh skor rata-rata persepsi sebesar 85,7%. Produk ini dipersepsikan oleh calon pengguna memiliki karakteristik mudah dioperasikan, menarik, membangkitkan motivasi, menciptakan lingkungan belajar mandiri dan kolaboratif serta bermanfaat meningkatkan pemahaman terhadap materi sistem kendali motor berkinerja tinggi.

Item Type: Experiment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 22 Jul 2018 22:14
Last Modified: 22 Jul 2018 22:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10804

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.