PENDAMPINGAN PERBAIKAN PROSES PENGERINGAN PRODUK KERUPUK PADA UKM KARYA LESTARI DUSUN GUMAWANG PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL

adiyanto, okka and faishal, muhammad PENDAMPINGAN PERBAIKAN PROSES PENGERINGAN PRODUK KERUPUK PADA UKM KARYA LESTARI DUSUN GUMAWANG PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL. [Artikel Dosen] (Unpublished)

[thumbnail of -LAPORAN-PPM-2018.pdf]
Preview
Text
-LAPORAN-PPM-2018.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ImageMagick conversion from text to application/pdf] Text (ImageMagick conversion from text to application/pdf)
-LAPORAN-PPM-2018.pdf

Download (9MB)

Abstract

erupuk merupakan salah satu makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan sering dijadikan sebagai pelengkap berbagai sajian makanan atau sebagai lauk pauk. Sehingga dapat dikatakan kerupuk merupakan makanan ringan yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Dusun Gumawang merupakan salah satu dusun yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Dusun Gumawang memilik beberapa produk unggulan yang dapat dikembangkan salah satunya adalah kerupuk. Kerupuk yang diproduksi oleh Usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) Karya Lestari yaitu kerupuk legendar, kerupuk melinjo, dan sejenisnya. Dalam pengabdian di Dusun Gumawang ini tim menggunakan metode pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kepada masyarakat dan praktek langsung. Dalam pengabdian ini, salah satu kegiatan tim adalah memberikan alat bantu pengering yang membantu mempercepat proses pengeringan serta menjaga kualitas produk dari kontaminasi benda asing saat pengeringan di luar pada produk krupuk dari UPKKS Karya Lestari. Dari hasil pengabdian ini masyarakat terutama UPKKS Karya Lestari dapat meningkatkan kualitas produk kerupuk.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: M.Sc Okka Adiyanto
Date Deposited: 28 Jul 2018 02:45
Last Modified: 28 Jul 2018 02:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10819

Actions (login required)

View Item View Item