Repository Universitas Ahmad Dahlan

Penggunaan Sky Quality Meter Dan Aplikasi Berbasis Android Dalam Studi Pengukuran Tingkat Polusi Cahaya Di Indonesia

Muchlas, M and Yudhiakto, Pramudya and Okimustava, Okimustava (2017) Penggunaan Sky Quality Meter Dan Aplikasi Berbasis Android Dalam Studi Pengukuran Tingkat Polusi Cahaya Di Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text
cover-abstrak.pdf

Download (262kB)

Abstract

Tingkat kecerahan langit dipengaruhi oleh sejumlah faktor diantaranya polusi cahaya. Polusi cahaya di suatu tempat dapat dikuantisasi dengan pengukuran melakui Sky Quality Meter (SQM). Penempatan alat SQM ini di sejumlah titik ditujukan untuk mendapatkan data tingkat kecerahan langit dengan kondisi polusi cahaya yang berbeda-beda. Sehingga, dipilih daerah di dekat perkotaan dan di daerah pedesaan. Posisi daerah pengambilan data yang tersebar dan pengambilan data sepanjang malam membutuhkan sistem kendali yang cerdas. Sistem kendali ini dapat direalisasikan dengan penggunaan mikrokontroler Arduino dan Raspberry Pi untuk kendali posisi dan pengumpulan data serta penampilan data. Selain pengukuran secara remote, pengukuran secara mobile dibutuhkan untuk mendapatkan data tingkat kecerahan langit yang menjangkau daerah yang lebih luas. Aplikasi berbasis android digunakan untuk pengukuran tingkat kecerahan langit dengan pencacahan jumlah bintang yang terlihat pada suatu rasi bintang tertentu. Data tingkat kecerahan langit dari SQM yang dikendalikan secara remote dan aplikasi berbasis android digunakan untuk membuat analisis tentang tingkat polusi cahaya di berbagai daerah. Banjar memiliki tingkat polusi cahaya yang rendah sedangkan kampus 4 UAD mempunyai tingkat polusi cahaya yang tinggi. Keduanya dapat ditinjau dari tingkat kecerahan langit yaitu 21 mag/arcsec2 dan 17,8 mag/arcsec2.

Item Type: Experiment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QB Astronomy
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:05
Last Modified: 14 Aug 2018 04:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.