Repository Universitas Ahmad Dahlan

SIFAT FISIK DAN DAYA IRITASI GEL EKSTRAK ETANOL HERBA PEGAGAN (Centella asiatica L.) DENGAN VARIASI JENIS GELLING AGENT

Fujiastuti, Trecya and Sugihartini, Nining (2015) SIFAT FISIK DAN DAYA IRITASI GEL EKSTRAK ETANOL HERBA PEGAGAN (Centella asiatica L.) DENGAN VARIASI JENIS GELLING AGENT. Jurnal Farmasi Indonesia PHARMACY.

[img] Text
sifat fisik dan daya iritasi gel (Trecya Fujiastuti).pdf

Download (223kB)

Abstract

Pegagan (Centella asiatica L.). memiliki khasiat sebagai antibakteri, sehingga perlu dibuat dalam sediaan yang praktis dan nyaman dipakai seperti dalam bentuk gel. Pembuatan gel dari ekstrak etanol herba pegagan memerlukan gelling agent yang tepat agar diperoleh sediaan gel yang memenuhi syarat sifat fisik dan tidak menimbulkan iritasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis gelling agent terhadap sifat fisik dan daya iritasi sediaan gel ekstrak etanol herba pegagan. Ekstrak diperoleh dengan metode maserasi menggunakan etanol 70%. Ekstrak tersebut dibuat menjadi sediaan g e l d e n g a n basis HMPC (F I), basis HMPC dan ekstrak (F II), basis carbopol (F III), basis carbopol dan ekstrak (F IV), Basis CMC Na (F V) dan basis CMC Na dan ekstrak (F VI). Gel kemudian diuji o r g a n o l e p t i s , sifat fisik ( u j i pH, uji daya sebar, uji daya lekat), dan uji iritasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis statistik menggunakan analisis ANOVA dan Kruskall-Wallis dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi gelling agent berpengaruh terhadap daya sebar dan daya lekat sediaan gel ekstrak etanol herba pegagan. Daya sebar gel dengan gelling agent PMC memiliki daya sebar yang paling besar yaitu: 52,282 ± 2,515 mm2. Daya lekat gel dengan formula gelling agent carbopol ditambah ekstrak pegagan memiliki daya lekat yang paling besar yaitu 3,614 ± 0,128 detik. Berdasarkan uji iritasi, sediaan gel ekstrak etanol herba pegagan dengan variasi gelling agent tidak menyebabkan iritasi kulit pada marmut dan juga tidak mempengaruhi nilai pH. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gelling agent yang paling baik untuk sediaan ekstrak etanol herba pegagan adalah carbopol karena carbopol memiliki daya sebar yang baik, daya lekat baik dan tidak menimbulkan iritasi.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S2-Master of Pharmacy (S2-Farmasi)
Depositing User: nining sugihartini
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:31
Last Modified: 16 Aug 2018 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.