Repository Universitas Ahmad Dahlan

Perbaikan Proses Produksi Keramik untuk Meminimasi Jumlah Produk Cacat pada Hasil Pengglasiran

Dwi Astuti, Reni and Nur Hakim, Amin (2011) Perbaikan Proses Produksi Keramik untuk Meminimasi Jumlah Produk Cacat pada Hasil Pengglasiran. [Artikel Dosen]

[img] Text
Reni_NIEC.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perusahaan XYZ merupakan industri yang memproduksi keramik berbahan dasar tanah putih dan menggunakan glasir sebagai pelapis permukaannya. Selama ini pada proses pengglasiran terdapat cacat dengan jumlah yang cukup besar (45%) dan perusahaan kesulitan untuk mengendalikannya. untuk itu perlu dilakukan eksperimen untuk merancang proses yang dapat meningkatkan kualitas. Penelitian ini mmenggunakan metode Taguchi untuk menghasilkan produk yang kokoh terhadap semua faktor gangguan cacat. Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kualitas produk adalah komposisi air (90-110%), jarak penyemprotan (30-40cm) dan operator (utama).

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T.,M.T. Reni Dwi Astuti
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:06
Last Modified: 21 Aug 2018 03:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.