Repository Universitas Ahmad Dahlan

KAJI ULANG KONSEP MODAL SOSIAL DALAM MASYARAKAT PLURALIS

Situmorang, Nina Zulida (2011) KAJI ULANG KONSEP MODAL SOSIAL DALAM MASYARAKAT PLURALIS. Peran Psikologi dalam Pluralisme Masyrakat Indonesia. ISSN 978-979-25-3479-5

[img]
Preview
Text
KAJI ULANG KONSEP MODAL SOSIAL DALAM MASYARAKAT PLURALIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ndonesia memiliki lebih kurang 600 suku bangsa dengan identitas dan kebudayaan yang berbeda sehingga dikenal dengan masyarakat multikultural dan pluralitas suku bangsa yang mendiami beribu pulau. Sebagai masyarakat komunal yang mempunyai nilai-nilai yang mendukung pengembangan budaya, konflik berdarah antar kelompok yang bernuansa kesukuan dan agama acap terjadi dan menimbulkan korban yang tidak sedikit. Modal sosial menjadi salah satu alternatif dalam memberikan pencerahan tentang makna kepercayaan, kebersamaan dan toleransi. Menurut Putnam (1993), modal sosial didefinisikan sebagai suatu nilai mutual trust (kepercayaan) antara anggota masyarakat dan masyarakat terhadap pemimpinnya. Pilarnya adalah jaringan (networks), norma-norma (norms), dan kepercayaan sosial (social trust) yang mendorong pada sebuah kolaborasi sosial (koordinasi dan kooperasi) untuk kepentingan bersama. Diperlukan suatu jaringan sosial yang ada dalam masyarakat, dan norma yang mendorong produktivitas komunitas yang memberi hasil yang diinginkan maupun hasil yang tidak diinginkan (Putnam, 1993). Jaringan ini terbentuk atas kesamaan suku atau daerah, agama, politik dan lain-lain. Terwujudnya konsep modal sosial dalam realitas masyarakat akan memberikan kekuatan untuk mewujudkan demokrasi.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Dr Nina Zulida Situmorang
Date Deposited: 29 Sep 2018 01:55
Last Modified: 29 Sep 2018 01:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.