Repository Universitas Ahmad Dahlan

STRATEGI PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS KONTEKS LOKAL UNTUK PENGEMBANGAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL DI PAPUA

Situmorang, Nina Zulida (2015) STRATEGI PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS KONTEKS LOKAL UNTUK PENGEMBANGAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL DI PAPUA. PROCEEDING SEMINAR NASIONAL “Selamatkan Generasi Bangsa dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal”. ISSN 978-602-71716-3-3

[img] Text
STRATEGI PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS KONTEKS.pdf

Download (697kB)

Abstract

Pada t ahun 20014 di Papua masih terdapat 28. 907 Kepala Keluarga atau 116.221 jiwa dikategorikan sebagai Komunitas Adat Terpencil (KAT). Secara spesifik, mereka dikategorikan sebagai kelompok sosial budaya yang bersifat lokal dan terpencar serta kurang atau belum terlibat dalam jaringan dan pelayanan baik sosial, ekonomi, maupun politik. Salah satu kondisi yang memprihatinkan adalah sangat terbatasnya bahkan sebagian besar di lokasi KAT tersebut tidak tersedianya sarana prasarana dan tenaga pendidik dan kependidikan. Kegiatan pendidikan keaksaraan fungsional berbasis konteks lokal menjadi alternatif pengembangan strategi belajar yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungannya. Substansi konsep dan strategi pembelajaran berbasis konteks lokal bagi komunitas adat terpencil di Provinsi Papua adalah (i) strategi pembelajaran melalui peta, (ii) strategi pembelajaran melalui garis waktu, dan (iii) strategi pembelajaran melalui tabel. Rintisan model ini, dapat dikembangkan lebih lanjut bagi tutor dan/atau fasilitator serta stakeholder terkait yang bekepentingan, agar dalam pelaksanaan pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis konteks lokal lebih mudah dan menarik bagi peserta didik.

Item Type: Artikel Umum
Uncontrolled Keywords: Komunitas Adat Terpencil; Keaksaraan Fungsional; Konteks Lokal.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Dr Nina Zulida Situmorang
Date Deposited: 24 Sep 2018 01:37
Last Modified: 24 Sep 2018 01:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11349

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.