Gambaran Histopatologik Hepar pada Tikus Sprague Dawley yang diberi Perasan Wortel (Daucus carota L) dan Diet Lemak Tinggi

Widyaningsih, Wahyu and Yuliani, Sapto (2010) Gambaran Histopatologik Hepar pada Tikus Sprague Dawley yang diberi Perasan Wortel (Daucus carota L) dan Diet Lemak Tinggi. In: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dosen Kopertis Wilayah V Yogyakarta, 2010, Kementerian Pendidikan Nasional Kopertis V.

[thumbnail of Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dosen Kopertis Wilayah V.pdf] Text
Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dosen Kopertis Wilayah V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wortel merupakan salah satu sayuran yang mengandung betakaroten yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Berdasarkan penelitian Hasanah (2007) diperoleh hasil bahwa wortel mampu menurunkan kadar kolesterol total hewan uji yang diberi diet lemak tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian perasan wortel dan diet lemak tinggi pada gambaran histopatologis hepar agar diketahui keamanan penggunaan perasan wortel sebagai antihiperkolesterolemia.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental dengan 24 ekor tikus jantan galur Sprague Dawley umur 3 bulan dengan berat badan awal 179-288 gram. Hewan uji dikelompokkan secara acak menjadi 4 kelompok, untuk setiap kelompok terdiri dari 7 ekor tikus dan dikandangkan secara individual. Kelompok I diberi BR II dan aquadest 2ml/200g tikus, kelompok II diberi diet lemak tinggi aquadest 2ml/200g tikus, kelompok III diberi diet lemak tinggi dan suspensi simvastatin dengan dosis 1,8ml/200g, kelompok IV diberi diet lemak tinggi dan perasan wortel dengan dosis 2ml/200g. Perlakuan tersebut dilakukan selama 17 minggu. Pengaruh perasan segar umbi wortel terhadap hepar ditentukan dengan membandingkan gambaran mikroskopik antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemberian diet lemak tinggi dan perasan wortel dapat menyebabkan nekrosis hepar pada 83% hewan uji.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S1-Pharmacy (S1-Farmasi)
Depositing User: Dr, M.Si.. Wahyu Widyaningsih
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:25
Last Modified: 19 Oct 2018 02:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11567

Actions (login required)

View Item View Item