Repository Universitas Ahmad Dahlan

TINJAUAN KANDUNGAN BOD5 (BIOLOGYCAL OXYGEN DEMAND), FOSFAT DAN AMONIA DI LAGUNA TRISIK

Dwitasari, Elga Luthfianna and Mulasari, Surahma Asti (2017) TINJAUAN KANDUNGAN BOD5 (BIOLOGYCAL OXYGEN DEMAND), FOSFAT DAN AMONIA DI LAGUNA TRISIK. UAD.

[img]
Preview
Text (Hasil Cek Plagitisme KArya Ilmiah)
TINJAUAN_KANDUNGAN_BOD5__BIOLOGYCAL_OXYGEN_DEMAND_.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Awal tahun 2000-an, Indonesia mulai membudidayakan udang Vaname di tambak. Keunggulan dari udang Vaname merupakan salah satu peluang bisnis di Indonesia. Namun dikhawatirkan dampak dari budidaya udang dapat mencemari lingkungan di sekitarnya. Karena air limbah tambak mengandung bahan organik yang berasal dari padat penebaran benur, sisa pakan, dan kotoran udang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar BOD5, fosfat, amonia, kualitas air di Laguna Trisik sebagai kelayakan baku mutu peruntukan air golongan III, dan menganalisis potensi di Laguna Trisik sebagai metode pengelolaan lingkungan bagi tambak udang Vaname. Metode: Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dengan uji laboratorium. Rancangan penelitian dilakukan secara observasional. Subjek penelitian ini adalah air yang berada di Laguna Trisik. Objek penelitian ini adalah 9 lokasi pengambilan sampel air yang masing-masing diambil dari 2 titik yaitu di permukaan dan di dasar Laguna Trisik. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil pengujian BOD5, fosfat, dan amonia pada saluran pembuangan dinyatakan bahwa hampir semua parameter air yang diujikan melebihi baku mutu efluen tambak udang menurut Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 28 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Budidaya Udang di Tambak. Sedangkan hasil pengujian BOD5, fosfat, dan amonia pada tengah Laguna Trisik dinyatakan bahwa semua parameter air yang diujikan melebihi kriteria mutu air kelas III menurut Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. Kesimpulan: Laguna Trisik belum berpotensi untuk mengelola limbah yang dihasilkan dari aktivitas budidaya tambak udang Vaname. Kata kunci: limbah tambak, kualitas air, BOD5, fosfat, dan amonia.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: surahma asti mulasari
Date Deposited: 14 Nov 2018 06:14
Last Modified: 14 Nov 2018 06:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11666

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.