Repository Universitas Ahmad Dahlan

Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembentukan Dusun Siaga Sehat di Desa Ngalang, Gedangsari, Gunung Kidul Yogyakarta

Mulasari, Surahma Asti (2018) Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembentukan Dusun Siaga Sehat di Desa Ngalang, Gedangsari, Gunung Kidul Yogyakarta. UAD.

[img] Text (HAsil Cek Plagitisme KArya Ilmiah)
Pemberdayaan_Masyarakat_dalam_Pembentukan_Dusun_Si(1).pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Dusun Sumberjo, Dusun Plosodoyong dan Dusun Ngalang merupakan tiga pedukuhan yang berada di Desa Ngalang dengan permasalahan kesehatan masyarakat seperti pengelolaan sampah masih kurang baik, yaitu sampah dibakar dan dibuang sembarangan. Kepemilikan jamban sehat juga belum merata di Desa Ngalang, masih ditemukan jentik nyamuk pada tempat penampungan air, limbah pertanian masih belum terolah, serta kotoran ternak yang belum terolah dengan maksimal. Hal tersebut dikarenakan minimnya kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan untuk menjaga kesehatan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan program KKN PPM yang diusung adalah menginisiasi dusun siaga sehat dengan berfokus pada pengelolaan lingkungan dan memperbaiki perilaku masyarakat dalam PHBS sehingga tercipta kesehatan masyarakat yang optimal. Metode pengabdian yang dilakukan dengan memberikan pelatihan pengolahan sampah berwawasan kesehatan masyarakat, pelatihan pengolahan limbah pertanian menjadi briket, pelatihan pembuatan biogas portable, pelatihan jumantik cilik, dan pelatihan PHBS. Kegiatan lain adalah inisiasi pembentukan bank sampah, dan pembangunan jamban sehat komunal portable. Kegiatan dalam program ini bekerja sama dengan organisasi pemuda, PKK dan kelompok tani pemerintah Desa Ngalang, Puskesmas Ngalang, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan Kabupaten Gunung Kidul Pelatihan dan pendampingan ini dilakukan oleh dosen UAD dan mahasiswa KKN. Luaran program ini adalah peningkatan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan pengeolahan limbah sampah tentang bank sampah, briket bioarang dan biogas, serta PHBS. Dibangun 1 jamban komunal/mitra, terbentuk 1 organisasi swakelola sampah/mitra, TPS Ilegal tidak ada lagi, terbentuk jumatik cilik 1/mitra. Mitra mendapatkan alat pengelola sampah dan limbah (cetak briket, bank sampah, dan biogas portable) 1/mitra. Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, dusun siaga sehat.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: surahma asti mulasari
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:40
Last Modified: 26 Nov 2018 06:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.