Repository Universitas Ahmad Dahlan

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Subyektif Dermatitis Kontak Iritan pada Petugas Pengepul Sampah di Wilayah Kota Yogyakarta

Mulasari, Surahma Asti Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Subyektif Dermatitis Kontak Iritan pada Petugas Pengepul Sampah di Wilayah Kota Yogyakarta. UAD.

[img]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiatisme Karya Ilmiah)
Faktor_Faktor_yang_Berhubungan_dengan_Keluhan_Suby.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Pengepul sampah merupakan sektor informal dalam bidang pengumpulan dan perdagangan sampah layak jual. Pengaruh sampah terhadap kesehatan dikelompokan menjadi efek yang langsung dan tidak langsung. Kontak langsung dengan sampah beracun, sampah yang korosif terhadap tubuh, yang karsinogenik atau teratogenik, dan sampah yang mengandung kuman patogen, dapat menimbulkan penyakit salah satunya dermatitis kontak iritan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan subyektif dermatitis kontak iritan pada petugas pengepul sampah di wilayah Kota Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik obsevasional dengan desain cross sectional. Subyek penelitian adalah petugas pengepul sampah di wilayah Kota Yogyakarta yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionale stratified random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lama kontak, jenis kelamin dan personal hygiene sedangkan variable terikat adalah keluhan subyektif dermatitis kontak iritan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada responden dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil: Proporsi kejadian dermatitis kontak iritan sebesar 28,9%. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lama kontak dengan keluhan subyektif dermatitis kontak iritan (p-value = 0,322; RP = 0,544; CI 95% = 0,174-1,695), tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan keluhan subyektif dermatitis kontak iritan (p-value = 0,149) dan tidak ada hubungan antara personal hygiene dengan keluhan subyektif dermatitis kontak iritan (p-value = 1,067). Simpulan: Tidak ada hubungan antara lama kontak, jenis kelamin, dan personal hygiene dengan keluhan subyektif dermatitis kontak iritan pada putugas pengepul sampah.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: surahma asti mulasari
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:37
Last Modified: 26 Nov 2018 06:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.