Repository Universitas Ahmad Dahlan

EVALUASI SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

Haryadi, Devy and Solikhah, . (2013) EVALUASI SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7 (2). pp. 55-66. ISSN 1978-0575

[img]
Preview
Text
evaluasi_sistem_informasi_pendaftaran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Penerapan sistem informasi merupakan suatu cara untuk menunjang proses pelayanan pasien. SDM memiliki peranan yang penting didalam keberhasilan suatu sistem, disamping itu juga ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. RSU PKU Muhammadiyah Bantul sudah menerapkan sistem informasi di dalam proses pelayanan pasien, termasuk di dalam pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan. Namun terdapat beberapa kendala didalam penerapannya, diantaranya seperti masalah SDM, sarana dan prasarana, serta laporan yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat jalan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu untuk menggambarkan bagaimana penerapan sistem informasi pendaftaran pasien rawat jalan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil: RSU PKU Muhammadiyah menggunakan cara komputerisasi dan manual didalam proses pelayanan pendaftaran pasien rawat jalannya. Data yang dibutuhkan yaitu identitas pasien dan poli atau unit yang ingin dituju oleh pasien. Dana yang dibutuhkan berasal dari rumah sakit sendiri, dan tidak memiliki hambatan didalam pendanaan. Pengorganisasian tenaga kerjanya sudah terorganisasi dengan baik. Namun jumlah tenaga kerja yang sangat minim serta sarana komputer yang dianggap masih kurang, membuat tenaga kerja di bagian pendaftaran rawat jalan harus memikul beban kerja yang cukup besar. Hal tersebut mengakibatkan laporan jumlah pasien rawat jalan yang dihasilkan belum bisa dikatakan akurat, tepat waktu, dan relevan. Kesimpulan: SDM dan sarana komputer masih kurang, sehingga menghasilkan informasi yang belum akurat, tepat waktu, dan relevan.

Item Type: Artikel Umum
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Sistem Informasi di Bagian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: Dr Solikhah Solikhah
Date Deposited: 13 Jan 2019 10:01
Last Modified: 13 Jan 2019 10:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/12259

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.