IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PELATIHAN PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI IBU DENGAN AUD

Roshonah, Adiyati Fathu (2018) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PELATIHAN PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI IBU DENGAN AUD. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. ISSN 2655-6189

[thumbnail of Adiyati Fathu Roshonah.pdf] Text
Adiyati Fathu Roshonah.pdf

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya ibu yang memiliki kemampuan berkomunikasi
rendah sehingga tanpa sadar melakukan penghalang komunikasi saat berinteraksi dengan anak. Mengatasi
keadaan ini para ibu tidak hanya bisa disalahkan, melainkan perlu dilatih dalam bentuk pelatihan parenting
yang berorientasi pada kebutuhan penyelesaian masalah (problem solving). Prosedur penelitian tindakan (action
research) mengikuti tahapan Kemmis dan McTaggart. Sintaks pelatihan strategi PBL mengikuti Arends dan
Eggen & Kauchak. Intervensi diberikan pada para ibu di PAUD Kemuning Kelurahan Pondok Pinang Jakarta
Selatan sebanyak 16 orang ibu berusia 20-35 tahun, memiliki 1-2 anak, berpendidikan SMA ke bawah.
Penelitian dilaksanakan dua bulan sebanyak dua siklus delapan pertemuan. Target keberhasilan 75 %. Data
diperoleh melalui kuisioner, dilengkapi dengan observasi, interview, dan diskusi intensif. Hasil penelitian
diolah melalui tehnik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa PBL dapat menjadi
strategi yang tepat dalam pelatihan parenting untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi ibu dengan
AUD di Lembaga PAUD. Kuisioner Pra Siklus menunjukkan kemampuan berkomunikasi ibu sebesar 48,5%.
Setelah dilakukan Siklus Pertama 5 (lima) kali pertemuan menunjukkan peningkatan menjadi 62,65%.
Dilanjutkan Siklus Kedua 3 (tiga) kali pertemuan menunjukkan peningkatan menjadi 76,03%. Meningkatnya
kemampuan berkomunikasi ibu dengan anak akan meningkatkan kualitas pengasuhan, yang akan berpengaruh
terhadap tumbuh kembang anak secara optimal.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:48
Last Modified: 28 Jun 2019 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item