KESIAPSIAGAAN LEMBAGA PAUD DI BOGOR DALAM MENGHADAPI BENCANA LONGSOR

Ramadhani, Aisya Nurul and Nurfadilah, Nurfadilah (2018) KESIAPSIAGAAN LEMBAGA PAUD DI BOGOR DALAM MENGHADAPI BENCANA LONGSOR. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 172-179. ISSN 2655-6189

[thumbnail of Aisya Nurul Ramadhani, Nurfadilah.pdf] Text
Aisya Nurul Ramadhani, Nurfadilah.pdf

Download (830kB)

Abstract

Berdasarkan data kejadian bencana yang telah dihimpun oleh pihak BPPD Bogor, Tanah longsor
merupakan bencana yang paling banyak terjadi di daerah Bogor pada tahun 2017 .Bahwa program sekolah aman
yang diterapkan BPBD Bogor belum dijalankan secara komprehesif di tingkat PAUD, mereka banyak
menerapkan di tingkat sekolah dasar (SD) atau madrasah. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan studi
kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapsiagaan PAUD dalam menghadapi bencana
longsor di satuan PAUD daerah Bogor. Teknik sampling yang dipilih adalah purposive sampling karena PAUD
yang dipilih berdasarkan rekomendasi BPPD Bogor. Keberhasilan program sekolah aman sangat ditentukan oleh
komitmen, kerjasama, serta partisipasi semua pihak. Oleh karena itu wawancara dilakukan kepada pihak BPBD,
guru dan pengelola lembaga PAUD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan sekolah aman
kedua lembaga baru berada pada tahap pengkajian. Upaya-upaya pengurangan risiko bencana sudah dilakukan
pada setiap tahap, baik tahap pra bencana, saat bencana maupun pasca bencana. Meskipun demikian,
pengetahuan maupun keterampilan terkait kebencanaan, baik untuk peserta didik, pendidik maupun tenaga
kependidikan masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:50
Last Modified: 28 Jun 2019 02:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13021

Actions (login required)

View Item View Item