Fatmalia, Annisa DAMPAK ERA MILENIAL TERHADAP PERILAKU ANAK USIA DINI. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 180-185. ISSN 655-6189 (Submitted)
Text
Annisa Fatmalia.pdf Download (635kB) |
Abstract
Anak merupakan peniru ulung yang selalu melakukan apapun yang dicontohkan di lingkungan
sosialnya. Lingkungan sosial menjadi salah satu tempat ia belajar untuk mempelajari berbagai macam karakter
manusia, moral, dan nilai-nilai sosial. Hal ini dinamakan belajar sosial. Belajar sosial, dapat membentuk
kepribadian anak usia dini di masa depan. Lingkungan sosial yang baik dapat memberikan contoh yang baik,
begitu pun sebaliknya. Namun anak usia dini belum mampu menilai apakah yang dicontohkan lingkungannya
termasuk kebaikan atau keburukan. Mereka menganggap semua yang dilakukannya adalah hal yang benar. Di
era milenial yang penuh dengan kecanggihan teknologi, ternyata ada dampak yang tidak baik terhadap anak usia
dini. Anak usia dini hanya meniru apa yang dilihat tanpa tahu akibatnya. Mereka cenderung menjadi korban atas
kecanggihan teknologi yang ada. Lebih tepatnya korban perilaku negatif. Seperti kurangnya rasa empati,
toleransi, sopan-santun, kepekaan sosial dan maraknya perilaku buruk yang dicontohkan orang dewasa.
Banyaknya perilaku negatif yang muncul di era ini, akibat mudahnya akses informasi yang masuk dengan cepat
melalui gadget. Sehingga menjadikan anak usia dini berperilaku buruk. Hal tersebut, dikarenakan nilai-nilai
agama tidak ditanamkan dengan baik sejak usia dini.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Muhamad Fakhrur Saifudin |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:49 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13025 |
Actions (login required)
View Item |