PEMBELAJARAN SENI TARI SEBAGAI MEDIA MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL, EMOSIONAL DAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI

Setiawan, Aris and Saida, Naili and Kurniawati, Tri (2018) PEMBELAJARAN SENI TARI SEBAGAI MEDIA MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL, EMOSIONAL DAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 186-192. ISSN 655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Aris Setiawan, Naili Saida, Tri Kurniawati.pdf] Text
Aris Setiawan, Naili Saida, Tri Kurniawati.pdf

Download (410kB)

Abstract

Seni tari merupakan salah satu bidang seni yang secara langsung menggunakan tubuh manusia
sebagai media, yang merupakan nilai keindahan dan nilai keluhuran, lewat gerak dan sikap tubuh dengan
penghayatan seni. Seni tari dapat mengembangkan kecerdasan sosial, emosional, dan kognitif. Kecerdasan
sosial dapat berkembang melalui pembelajaran seni tari dengan berkelompok yang mengajarkan interaksi sosial.
Pemahaman interaksi sosial dapat dimaknai sebagai menjalin hubungan antar teman. Kecerdasan emosional
akan berkembang ketika penari mengungkapkan isi tarian seperti isi tari yang bersifat gembira maka semuanya
mengungkapkan dengan senyuman. Selanjutnya Aspek kognitif juga dapat dipelajari dalam seni tari yang
tentunya menggunakan akal dalam menghafalkan gerakan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:48
Last Modified: 28 Jun 2019 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13028

Actions (login required)

View Item View Item