Repository Universitas Ahmad Dahlan

MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI LAGU ISLAMI

Tamara, Bella and Nurmalitasari, Nungky (2018) MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI LAGU ISLAMI. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 193-196. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[img] Text
Bella Tamara, Nungky Nurmalitasari.pdf

Download (623kB)

Abstract

Pendidikan karakter anak usia dini adalah pendidikan pertama yang anak dapatkan dari orang tuanya. Keluarga terutama orang tua adalah proses awal pembentukan karakter anak. Sikap dan perilaku orang tua dalam kehidupan sehari-hari menjadi contoh untuk anak membentuk perilakunya. Hal pertama yang harus orang tua perhatikan adalah membentuk kepribadian anak yang baik. Pendidikan karakter ini membantu pertumbuhan dan perkembangan anak dalam memasuki masa yang lebih tinggi. Pendidikan awal yang di dapat oleh anak dapat mencerminkan perilaku di masa dewasa. Karakter anak adalah cara berfikirnya untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Ada beberapa faktor yang dapat mendukung pembentukan karakter anak, yaitu faktor keluarga, lingkungan, sekolah dan yang lainnya. Faktor sosial atau lingkungan juga sangat penting untuk mengembangkan karakter anak dalam masyarakat. Lingkungan di sekolah juga dapat mendukung pembentukan karakter anak. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah terutama anak usia dini, contohnya anak PAUD senang dengan bermain dan bernyanyi maka ajarilah anak lagu-lagu anak yang mudah untuk dihafalkan. Lagu anak memiliki kesederhanaan lirik dan melodinya jadi anak bisa dengan cepat memahami lagu tersebut. Lagu-lagu Islami ternyata mengandung nilai-nilai moral yang dapat membantu membangun karakter anak. Lagu Rukun Islam, Tepuk Anak Sholeh, dan Mengaji itu merupakan beberapa lagu yang mengandung nilai-nilai moral dan secara tidak langsung anak paham. Keberadaan lagu anak sangat penting untuk mengembangkan sikap dan perilaku anak.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:48
Last Modified: 28 Jun 2019 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.