Repository Universitas Ahmad Dahlan

STUDI EKSPLORASI POLA ASUH ORANG TUA YANG MENIKAH DINI TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK

Putri, Atika Cahyaning (2018) STUDI EKSPLORASI POLA ASUH ORANG TUA YANG MENIKAH DINI TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 307-312. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[img]
Preview
Text
Atika Cahyaning Putri.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Fenomena menikah dini menjadi salah satu penyebab permasalahan yang ada di Indonesia dimana hal tersebut terjadi dikalangan remaja dan yang menjadi penyebab utama yaitu rendahnya jenjang pendidikan di Indonesia sehingga menyebabkan pergaulan bebas serta menambah kasus hamil di luar nikah. Kebanyakan kasus tersebut dialami oleh remaja yang belum cukup umur dimana usia laki-laki dibawah 20 tahun dan usia perempuan dibawah 22 tahun, ditambah mereka memiliki ego yang cukup tinggi dan hanya mementingkan kepuasaan sesaat tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada pola asuh yang diberikan kepada anak, dilihat dari umur orang tua yang masuk dalam kategori emosi yang labil untuk dapat mengambil sebuah keputusan dalam keluarga. Sehingga hal tersebut dapat memunculkan perilaku negatif pada anak seperti perilaku disruptif. Perilaku tersebut muncul akibat kecemasan orang tua dalam pengasuhan dimana orang tua merasa tidak mampu memenuhi tuntutan peranannya masing-masing sebagai sosok seorang ayah dan ibu dalam keluarga. Terutama tuntutan finansial dimana semua kebutuhan dalam keluarga membutuhkan cukup banyak biaya.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:50
Last Modified: 28 Jun 2019 02:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.