POSITIVE PARENTING PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DALAM PERSPEKTIF ORANG TUA MUDA DI JAKARTA BARAT, INDONESIA

Dearly, Dearly and Akhiriyanti, Panca and Siregar, Juke R. and Joefiani, Poeti and Abidin, Zainal (2018) POSITIVE PARENTING PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DALAM PERSPEKTIF ORANG TUA MUDA DI JAKARTA BARAT, INDONESIA. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas”. pp. 42-51. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Dearly, Panca Akhiriyanti, Juke R. siregar, Poeti Joefiani, Zainal Abidin.pdf] Text
Dearly, Panca Akhiriyanti, Juke R. siregar, Poeti Joefiani, Zainal Abidin.pdf

Download (719kB)

Abstract

Pengasuhan orang tua harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan
untuk mengeksplorasi praktek pengasuhan yang sesuai untuk anak usia 4-6 tahun menurut perspektif orang tua
muda di Jakarta Barat, Indonesia dan praktek pengasuhan yang mereka terapkan kepada anak. Pendekatan
penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner terbuka.
Responden dalam penelitian ini adalah 37 pasang orang tua muda usia 20-40 tahun (37 ibu dan 37 ayah) yang
memiliki anak usia 4-6 tahun yang berdomilisi di Jakarta Barat. Data yang diperoleh dikaji menggunakan
analisis tematik mengacu pada teori positive parenting dari Rodrigo, Byrne & Rodriguez (2014). Hasil
penelitian menunjukan bahwa praktek pengasuhan yang utama pada anak usia 4-6 tahun menurut orang tua
adalah memberikan pendidikan karakter (structuring), memberikan dukungan pembelajaran untuk
mengembangkan aspek kognitif dan sosialisasi anak (stimulation) dan menunjukkan perasaan cinta, kasih
sayang dan perhatian (nurturing). Praktek pengasuhan yang bebas dari kekerasan (free from violence) bukanlah
hal yang utama bagi orang tua, bahkan tidak muncul pada praktek pengasuhan ibu dan ayah kepada anaknya.
Terdapat perbedaan praktek pengasuhan pada anak usia 4-6 tahun menurut perspektif ayah dan ibu. Perbedaan
praktek pengasuhan juga terkait dengan faktor usia dan tingkat pendidikan orang tua. Tidak terdapat perbedaan
praktek pengasuhan pada ibu bekerja dan tidak bekerja.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:51
Last Modified: 28 Jun 2019 02:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item View Item