PELATIHAN DAN PEMANFAATAN SEKAM PADI MENJADI BAHAN BAKAR (BRIKET) DI DESA KEMRANGGON, KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Putra Bhakti, Caraka and Lhatifudin Ghafur, Abdul and Ardan Setiawan, Riswanda and widodo, ari (2019) PELATIHAN DAN PEMANFAATAN SEKAM PADI MENJADI BAHAN BAKAR (BRIKET) DI DESA KEMRANGGON, KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA. [Artikel mahasiswa] (Unpublished)

[thumbnail of ARTIKEL SEKMPADI.docx] Text
ARTIKEL SEKMPADI.docx

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK
Sekam padi merupakan lapisan keras yang meliputi kariopsis yang terdiri dari dua belahan yang disebut lemma dan palea yang saling bertautan. Pada proses penggilingan beras, sekam bahan terpisah dari butir beras dan menjadi bahan sisa atau limbah penggilingan, sekam padi dikategorikan sebagai biomassa yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti bahan baku industry, pakan ternak dan energy atau bahan bakar. Dari proses penggilingan padi biasanya diperoleh sekam sekitar 20-30%, dadak antar 8-12% dan beras giling antara 50-63,5% data bobot awal gabah. Sekam dengan persentase yang tinggi tersebut dapat menimbulkan problem lingkungan. Pengabdian mahasiswa KKN UAD didesa kemranggon ialah mengembangkan hasil pertanian masyarakat menjadi sebuah produk yaitu briket yang berasal dari sekam padi hasil panen pertanian masyarakat didesa kemranggon, kemudian masyarakat diharapkan dapat mengurangi problem lingkungan yang disebabkan oleh hasil pertanian sendiri, selain itu masyarakat diharapkan dapat menghasilkan sebuah kreativitas yang dapat digunakan oleh masyarakat itu sendiri sebagai bahan bakar (briket). Metode yang digunakan dalam pembuatan sekam padi ini berupa experimen agar masyarakat dapat mengelolah problem lingkungan menjadi sebuah produk yang bermanfaat, tentunya jika dapat dikembangkan lagi masyarakat desa kemranggon bisa menjadikan briket sebagai hasil pertanian sendiri yang di produksi sendiri dan dapat di perjual belikan untuk masyarakat luas.
Kata Kunci : Pelatihan dan Pemanfaatan, Mahasiswa KKN UAD, Masyarakat Desa Kemranggon

Item Type: Artikel mahasiswa
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Depositing User: Yulia Ulan Dari
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:20
Last Modified: 08 Mar 2019 01:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item