IMPLEMENTASI CHARACTER’S SNAKES AND LADDERS GAME UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN

Koesmadi, Dita Primashanti and Azizah, Elisa Novie (2018) IMPLEMENTASI CHARACTER’S SNAKES AND LADDERS GAME UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 52-55. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Dita Primashanti Koesmadi, Elisa Novie Azizah.pdf] Text
Dita Primashanti Koesmadi, Elisa Novie Azizah.pdf

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan karakter anak usia 5-6 tahun dengan
penerapan character’s snakes and ladders game (permainan ular tangga karakter). Character’s snakes and
ladders game merupakan pengembangan dari permainan ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis and Mc.Taggart.
Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun (Kelompok B) TK Dharma Wanita Purwosari berjumlah 15
anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik
analisis data yang menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa
implementasi Character’s snakes and ladders game mampu meningkatkan pendidikan karakter anak usia 5-6
tahun. Penguatan karakter mampu ditingkatkan melalui permainan yang menyenangkan bagi anak. Peningkatan
pendidikan karakter dapat dilihat pada kondisi awal kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BHS) dan
Berkembang Sangat Baik (BSB) mencapai 33,3% (5 anak), pada siklus I meningkat menjadi 53,3% (8 anak),
siklus II meningkat menjadi 73,3% (11 anak) dan pada siklus III meningkat menjadi 93,3% (14 anak).

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:52
Last Modified: 28 Jun 2019 02:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item View Item