Hidayati, Farida and Salma, Salma and Suparno, Suparno (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EMPATI ANAK MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER WELAS ASIH DIRI. Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 56-64. ISSN 2655-6189
Preview |
Text
Farida Hidayati, Salma, Suparno.pdf Download (662kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran empati anak melalui welas asih diri.
Welas asih diri merupakan program psikoedukasi yang didasarkan pada psikologi positif untuk mengajarkan
rasa welas asih pada diri sendiri dengan tiga aspek, yakni (1) berbuat baik pada diri sendiri, (2) menjadi
manusia, dan (3) kesadaran. Pengembangan model pembelajaran ini menggunakan tahapan yang meliputi tiga
langkah, yaitu: (1) tahap pre-eliminer (studi awal), (2) tahap pengembangan desain model, dan (3) tahap
memvalidasi model. Tahap studi awal atau pra-pengembangan meliputi beberapa kegiatan, seperti: mengkaji
teori, literatur, dan hasil penelitian yang relevan. Tahap pengembangan desain model merupakan kegiatan yang
menerapkan uji terbatas dan uji yang lebih luas terhadap desain model dengan melibatkan ahli. Tahap
memvalidasi model adalah tahap penerapan model. Sasaran penerapan model dalam penelitian ini adalah 39
anak usia sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini secara empirik model yang diterapkan belum secara signifikan
memberikan pengaruh perubahan empati pada anak. Ada peningkatan skor pada kelompok eksperimen dan
penurunan skor pada kelompok kontrol, namun secara statistik perbedaan skor tersebut tidak signifikan dengan t
(19,735)= 1,358 (p= 0,190). Temuan ini masih perlu dikaji lebih lanjut dengan melakukan beberapa evaluasi
lapangan.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Muhamad Fakhrur Saifudin |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:59 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13500 |
Actions (login required)
View Item |