Repository Universitas Ahmad Dahlan

EKSPLORASI PERSEPSI DAN PERILAKU KEKERASAN ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA DINI DI KOTA YOGYAKARTA

Puspitasari, Intan and Wati, Dewi Eko (2018) EKSPLORASI PERSEPSI DAN PERILAKU KEKERASAN ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA DINI DI KOTA YOGYAKARTA. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 65-69. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[img] Text
Intan Puspitasari, Dewi Eko Wati.pdf

Download (822kB)

Abstract

Kekerasan terhadap (child abuse) adalah perilaku yang menjadikan anak tidak berdaya sehingga memiliki dampak negatif terhadap perkembangan psikologisnya. Sikap orang tua dalam perilaku kekerasan terhadap anak dapat dipengaruhi oleh bagaimana orang tua mendefinisikan kekerasan dan pandangan orang tua terhadap perilaku anak. Kedua hal tersebut dapat disebut sebagai persepsi. Tujuan penelitian ini mengetahui persepsi orang tua terhadap tindak kekerasan pada anak usia dini di kota Yogyakarta. Pemilihan partisipan menggunakan teknik cluster sampling dan pengumpulan data menggunakan angket. Partisipan yang terlibat sebanyak 320 orang yang merupakan orangtua dari siswa TK di empat kecamatan di Kota Yogyakarta. Respon yang terkumpul dianalisis dengan metode kualitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut orangtua yang paling banyak dianggap sebagai bentuk kekerasan adalah memukul, menendang, mencubit, memarahi dengan kata-kata kasar, dan menampar. Sedangkan memelototi, merendahkan, mengejek dan menghardik mendapatkan respon lebih sedikit dari lima bentuk kekerasan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa orangtua memiliki pandangan bahwa kekerasan terhadap anak adalah perlakuan yang cenderung melukai fisik anak. Sedangkan perlakuan yang tidak melukai fisik, seperti memarahi, memelototi, merendahkan kurang dianggap sebagai kekerasan terhadap anak. Selain itu orangtua mempunyai persepsi bahwa anak suka mengambeg dan keras kepala. Tindak kekerasan yang sering dilakukan anak berdasarkan pengamatan orangtua adalah memukul, mencubit dan menendang.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:59
Last Modified: 28 Jun 2019 02:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.