Karolin, Lina Anastasia and Martono, Wahyuni Christiany and Heni, Heni (2018) DAMPAK PENDIDIKAN BERBASIS KOMUNITAS TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 70-81. ISSN 2655-6189 (Submitted)
Text
Lina Anastasia karolin, Wahyuni Christiany Martono, Heni.pdf Download (797kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pendidikan berbasis komunitas terhadap
perkembangan karakter anak di Homy School Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mana tujuannya adalah untuk
mendeskripsikan dampak model pendidikan berbasis komunitas (community based education) sebagai
bagian dari program sekolah ramah anak Homy School Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Subjek
dari penelitian ini adalah pendidik (tutor), orang tua, anak dan kepala sekolah (PIC), sementara itu,
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena
permasalahan yang dibahas lebih banyak mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan tentang
pelaksanaan dan dampak model pendidikan berbasis komunitas (community based education) di
sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan berbasis komunitas yang diterapkan di Homy
School Palangka Raya menunjukan perubahan karakter pada anak berdasarkan analisis hasil observasi,
wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terhadap subjek penelitian.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Muhamad Fakhrur Saifudin |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 03:00 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 03:00 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13503 |
Actions (login required)
View Item |