Repository Universitas Ahmad Dahlan

DAMPAK PENDIDIKAN BERBASIS KOMUNITAS TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK

Karolin, Lina Anastasia and Martono, Wahyuni Christiany and Heni, Heni (2018) DAMPAK PENDIDIKAN BERBASIS KOMUNITAS TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 70-81. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[img] Text
Lina Anastasia karolin, Wahyuni Christiany Martono, Heni.pdf

Download (797kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pendidikan berbasis komunitas terhadap perkembangan karakter anak di Homy School Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mana tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dampak model pendidikan berbasis komunitas (community based education) sebagai bagian dari program sekolah ramah anak Homy School Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Subjek dari penelitian ini adalah pendidik (tutor), orang tua, anak dan kepala sekolah (PIC), sementara itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena permasalahan yang dibahas lebih banyak mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan tentang pelaksanaan dan dampak model pendidikan berbasis komunitas (community based education) di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan berbasis komunitas yang diterapkan di Homy School Palangka Raya menunjukan perubahan karakter pada anak berdasarkan analisis hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terhadap subjek penelitian.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:00
Last Modified: 28 Jun 2019 03:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13503

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.