Barida, Muya and Widyastuti, Dian Ari (2018) KONTRIBUSI PELATIHAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 212-216. ISSN 2655-6189 (Submitted)
Text
Muya Barida, Dian Ari Widyastuti.pdf Download (523kB) |
Abstract
Kemampuan untuk mengidentifikasi siswa yang tergolong Anak Berkebutuhan Khusus sangat perlu
dimiliki oleh seluruh guru-guru di sekolah di semua jenjang pendidikan. Kemampun ini dapat dimiliki melalui
serangkaian program pelatihan yang sistematis. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan
keterampilan guru dalam mengenali karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus melalui Pelatihan Identifikasi
Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan dalam kurun waktu
sekitar tiga bulan dengan delapan sesi pelatihan. Adapun materi pelatihan yang akan disampaikan dan
dibelajarkan kepada guru meliputi Identifikasi Tunanetra, Tunarungu, Tunadaksa, Down Syndrom, Cerebral
Palsy, Slow learning, Mental Retardasi, Kesulitan Belajar Spesifik (Disleksia, Diskalkulia, Disgrafia, Disfraksia,
Autis, Gifted & Talented, ADHD, Conduct Disorder dan Oppositional Defiant Disorder. Pelatihan
menggunakan serangkaian metode yaitu studi kasus, diskusi, simulasi dan role play. Setelah pelatihan selesai,
diharapkan guru dapat mengenali jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus, menganalisis ciri-ciri siswa yang
memiliki kecenderungan sebagai Anak Berkebutuhan Khusus, menerima kondisi siswa yang tergolong Anak
Berkebutuhan Khusus.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Muhamad Fakhrur Saifudin |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:55 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13511 |
Actions (login required)
View Item |