Repository Universitas Ahmad Dahlan

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIDAK DISIPLIN ANAK KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN TK ABA KERINGAN, WONOKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA

Rukmana, Nurmilla Ulfa and Rohmah, Farida Ainur (2018) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIDAK DISIPLIN ANAK KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN TK ABA KERINGAN, WONOKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 130-138. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[img] Text
Nurmilla Ulfa Rukmana, Farida Ainur Rohmah.pdf

Download (648kB)

Abstract

Salah satu karakter yang perlu dibina pada anak usia dini adalah disiplin. Pembinaan disiplin sebagai upaya untuk membentuk perilaku yang sesuai aturan dan peran yang ditetapkan dalam kelompok budaya atau tempat tinggalnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membantu anak membangun pengendalian diri anak. Melalui disiplin anak dapat belajar bersikap, menghargai hak orang lain dan mentaati aturan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. Subyek dari penelitian ini 2 guru dan 3 orangtua, obyek 3 anak kelompok A usia 4-5 tahun yang tidak disiplin di kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi secara umum atau penjajakan dan dokumentasi. Sebagai keabsahan data, menggunakan triangulasi sumber dengan significant person yaitu ayah obyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 anak yang tidak disiplin kelompok A usia 4-5 tahun di TK ABA Keringan, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta disebabkan pleh faktor intern (dalam diri anak) dan faktor ekstern (luar diri anak). Faktor intern anak berupa keadaan fisik dan psikis, sedangkan faktor ekstern anak berupa keadaan keluarga, sekolah dan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada dua faktor yang mempengaruhi tidak disiplin anak, yaitu faktor intern (dalam diri anak) dan faktor ekstern (luar diri anak).

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:47
Last Modified: 28 Jun 2019 02:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13515

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.