IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP

Putri, Ragil Dian Purnama and Kurniawan, Shopyan Jepri (2018) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 217-225. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Ragil Dian Purnama Putri, Shopyan Jepri Kurniawan.pdf] Text
Ragil Dian Purnama Putri, Shopyan Jepri Kurniawan.pdf

Download (661kB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang implementasi nilai karakter pada anak usia dini
melalui metode pembelajaran field trip. Usia 0-6 tahun merupakan usia emas dimana anak melakukan masanya
untuk bermain dan mengenal hal yang baru secara rasional dari segala sumber yang didapatnya. Penanaman
nilai karakter sangat tepat diberikan pada anak sejak dini melalui kehidupan sehari-hari. Anak usia dini saat ini
sudah banyak terdegradasi karakter karena dengan cepat globalisasi masuk ke dalam tubuh bangsa Indonesia.
Tidak dapat dihindari akan hal tersebut sehingga melalui pendidikan karakter anak akan membatasi segala
sesuatu yang dapat diambil manfaatnya. Di dalam dunia pendidikan terutama pendidik adalah sasaran sebagai
fasilitator dituntut untuk mempunyai strategi atau metode dalam menanamkan nilai karakter pada pembelajaran.
Metode pembelajaran field trip dengan mengunjungi berbagai tempat besejarah ataupun tempat yang dapat
menambah wawasan pada anak sehingga nilai karakter akan melekat pada diri anak. Melalui metode
pembelajaran field trip ini diharapkan anak usia dini dapat mengenal dan mengimplemntasikan nilai karakter ke
dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:46
Last Modified: 28 Jun 2019 02:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item View Item