Repository Universitas Ahmad Dahlan

MENDIDIK KARAKTER ANAK DENGAN MEDIA KESENIAN KARAWITAN

Himawan, Riswanda (2018) MENDIDIK KARAKTER ANAK DENGAN MEDIA KESENIAN KARAWITAN. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 227-231. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[img] Text
Riswanda Himawan.pdf

Download (639kB)

Abstract

Karawitan sebagai salah satu bentuk kesenian pertunjukan tradisional dapat digunakan sebagai unsur pembentuk karakter diri seorang anak. Karena di dalam kesenian karawitan terdapat nilai filosofis yang sangat berfungsi sebagai tolak ukur untuk bertingkah laku ,bertata karma,beretika, dan,beretiket untuk membatasi serta melatih diri seorang anak guna berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Lantunan nada-nada gamelan yang ada pada karawitan memiliki filososfis tersendiri yang bisa digunakan sebagai senjata untuk membatasi diri seseorang dan membentuk karakter seseorang khususnya karakter diri yang ada pada anak. Di samping itu teknik penabuhan instrument yang ada pada gamelan juga dapat digunakan sebagai media untuk mendorong pembentukan karakter yang ada pada diri anak .Kedua media yang ada pada karawitan tersebut dapat dikemas menjadi media yang pas sebagai contoh pengubahan cakepan / lirik yang ada pada tembang dolanan dan tembang macapat dengan disesuaikan kebutuhan yang ada pada diri anak dengan penerapannya dipraktikan langsung oleh si anak sehingga hal ini akan memicu meningkatkan karakter yang ada pada diri anak ,diharapkan selain anak terdidik akademiknya untuk menerapkan cakepan / lirik yang sudah diubah tadi, pendidikan karakter si anak juga akan muncul bahkan meningkat. Di samping itu anak juga akan merasa terdorong untuk melestarikan kebudayanya. Dengan diiringi irama gamelan menggunakan paduan semua alat music gamelan, si anak akan merasa tertarik dengan adanya media pembentuk karakter ini. Harapan adanya media ini untuk membentuk karakter diri seseorang khususnya pada anak melalui kesenian tradisi. Yakin jika seseorang memiliki pendidikan mengenai kebudayaanya bagus, maka pendidikan lainya akan mengikuti termasuk karakter yang ada pada diri seseorang.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:46
Last Modified: 28 Jun 2019 02:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13520

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.