STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI TK LABORATORI PEDAGOGIA YOGYAKARTA

Umami, Rizqy and Latifah, Nurul and Sholeha, Vera (2018) STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI TK LABORATORI PEDAGOGIA YOGYAKARTA. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 236-250. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Rizqy Umami, Nurul Latifah, Vera Sholeha.pdf] Text
Rizqy Umami, Nurul Latifah, Vera Sholeha.pdf

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi implementasi pendidikan karakter berbasis
budaya di TK Laboratori Pedagogia Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan
pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dipilih secara purposive yang terdiri dari kepala sekolah, tata usaha,
guru, orang tua, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian diuji melalui derajat kepercayaan (credibility) berupa
pepanjangan waktu penelitian, peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, ketergantungan (dependability),
dan konfirmabilitas (confirmability). Teknik analisis data dilakukan melalui analisis interaktif (analysis
interactive model) yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan
kesimpulan/verifikasi (conclusion/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) TK Laboratori Pedagogia mengimplementasikan pendidikan karakter
berbasis budaya untuk mengembangkan karakter cinta terhadap budaya bangsa Indonesia khususnya budaya
Jawa pada peserta didiknya, (2) strategi implementasi pendidikan karakter di TK Laboratori Pedagogia
dilakukan melalui beberapa strategi. Pertama, mengembangkan dan mengintegrasikan silabus berbasis budaya
pada tema pembelajaran yang sesuai. Kedua, mengembangkan kegiatan pengembangan diri yang terdiri dari
kegiatan budaya, kunjungan budaya, ekstrakurikuler tari tradisional Jawa, kegiatan spontan, keteladanan, dan
pengkondisian lingkungan sekolah berbasis budaya bangsa khususnya budaya Jawa. Ketiga, mengembangkan
budaya sekolah melalui pembiasaan berbudaya di seluruh kegiatan sekolah.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:46
Last Modified: 28 Jun 2019 02:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item