PROFIL SISWA TAMAN KANAK-KANAK PROGRAM REGULER DALAM KESIAPAN MEMASUKI SEKOLAH DASAR

Hakim, Siti Nurina and Putra, Septiansyah Rizky Yuwana (2018) PROFIL SISWA TAMAN KANAK-KANAK PROGRAM REGULER DALAM KESIAPAN MEMASUKI SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 265-269. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Siti Nurina Hakim, Septiansyah Rizky Yuwana Putra.pdf]
Preview
Text
Siti Nurina Hakim, Septiansyah Rizky Yuwana Putra.pdf

Download (831kB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk kehidupan di jenjang selanjutnya, yakni Sekolah
Dasar (SD). Anak harus mempersiapkan untuk mengikuti pendidikan pada SD yakni dengan mengikuti
pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pada anak-anak yang
mengikuti pendidikan TK program reguler.dalam kesiapan anak memasuki SD. Populasinya adalah anak-anak
yang mengikuti TK di Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Sampel diambil dengan metode purposive
random sampling, Anak-anak TK Aisyiyah Bendan menjadi sampel dari penelitian ini. Jumlah subjek dalam
penelitian ini terdapat 41 anak. Metode analisis data menggunakan SPSS kategorial, untuk mengetahui profil
anak-anak TK reguler dalam kesiapan anak memasuki SD. Berdasarkan hasil analisis data, rerata kesiapan anak
TK reguler sebesar 144,31. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : profil anak-anak dari TK reguler memiliki
Kesiapan anak memasuki SD dalam kategori sedang. Artinya mereka untuk dikatakan siap, ternyata belum siap
benar, masih membutuhkan stimulasi yang lebih untuk benar-benar siap memasuki SD.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:43
Last Modified: 28 Jun 2019 02:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13546

Actions (login required)

View Item View Item