BOTANI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UPAYA MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN SEJAK DINI PADA SISWA TK AISYIYAH 52 SURABAYA

Wahono, Wahono and Asy'ari, Asy’ari and Abidin, Ratno (2018) BOTANI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UPAYA MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN SEJAK DINI PADA SISWA TK AISYIYAH 52 SURABAYA. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 270-278. ISSN 2655-6189 (Submitted)

[thumbnail of Wahono, Asy'ari, Ratno Abidin.pdf] Text
Wahono, Asy'ari, Ratno Abidin.pdf

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui botani sebagai media edukasi upaya menumbuh
kembangkan pengetahuan lingkungan sejak dini siswa TK Aisyiyah 52 Surabaya. Botani salah satu media yang
diupayakan untuk memahamkan kepada anak terkait pengetahuan lingkungan. Pada hakekatnya anak-anak
sangat tepat diperkenalkan dengan lingkungan tumbuh-tumbuhan sebagau media pembelajaran agar kecintaan
terhadap lingkungan tumbuh sejak dini. Anak-anak erat kaitannya dengan bermain-main sehingga dari itu di
lingkunagan botani itu tidak hanya sekedar berada disana namun ada nilai edukasinya didalamya tentang
pengenalan anak terhadap lingkungan sejak dini. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriftif yang
dilaksanakan di botani TK Aisyiyah 52 Surabaya. Dalam prosedur pelaksanaan penelitian dilakukan cara
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan audio visual. Kriteria yang digunakan
dalam penentuan informan adalah guru, TU, kepala sekolah dan Siswa. Tahap wawancara dilakukan untuk
memperoleh informasi dari sekolah terkait dengan pentingnya botani disekolah TK Aisyiyah 52 Surabaya
sebagai madia edukasi. Hasil Penelitian memberi gambaran bahwa botani di lingkungan sekolah TK sangat
representatif untuk media edukasi anak usia dini. Karena anak usia dini relatif masih mengedepankan
keterampilan bermain (psikomotorik) sehingga botani didesain sebagai tempat bermain namun berbasis
lingkungan dan mengenalkan pada anak-anak bahwa tumbuhan harus dipelihara dan dibudidayakan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Muhamad Fakhrur Saifudin
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:45
Last Modified: 28 Jun 2019 02:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item