Surasmi, Wuwuh Asrining (2018) PENINGKATAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI JOMBANG. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. pp. 279-283. ISSN 2655-6189 (Submitted)
Preview |
Text
Wuwuh Asrining Surasmi.pdf Download (734kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan moral anak didik melalui metode bercerita dengan media
boneka jari. Kondisi awal peneliti melihat bahwa tingkat perkembangan moral anak masih rendah. Terbukti
bahwa mereka belum bisa membedakan antara perilaku yang baik dan perilaku yang buruk pada anak-anak di
TK tersebut. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis
dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. PTK merupakan penelitian tindakan kelas yang berupaya
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di TK Periwi Jombang.
Subjek penelitian yakni 34 anak Kelompok B yang terdiri dari 22 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Data
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selama penelitian
berlangsung dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif untuk memperoleh hasil yang maksimal
terhadap penelitian tindakan kelas yang dilakukan. Hasil persentase penelitian dari Siklus I dan Siklus II
menunjukkan bahwa perkembangan moral anak mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan
metode bercerita dengan media boneka jari dapat meningkatkan perkembangan moral anak.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Muhamad Fakhrur Saifudin |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:45 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13554 |
Actions (login required)
View Item |