MODUL SELF-REGULATION OF EMOTION UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESI

Purwadi, Purwadi and Alhadi, Said and Muyana, Siti and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Supriyanto, Agus and Wahyudi, Amien (2018) MODUL SELF-REGULATION OF EMOTION UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESI. UAD Press, Yogyakarta, Indonesia. ISBN 9786020737003

[thumbnail of Modul Self-Regulation of EmotionSelf Regulation of Emosion.pdf] Text
Modul Self-Regulation of EmotionSelf Regulation of Emosion.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku agresif yang dilakukan remaja menjadi permasalahan dunia dengan berbagai kasus tawuran antar pelajar, perkelahian, dan bahkan pembunuhan yang menelan banyak jiwa. Perilaku agresi menjadi masalah serius yang perlu mendapat perhatian pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya agresi dari individual, keluarga, teman sebaya, masyarakat, serta media. Perilaku agresi dilakukan oleh remaja. Remaja cenderung menggunakan emosi yang belum stabil dalam mengambil berbagai keputusan. Kelabilan perilaku remaja menimbulkan efek perilaku pada kehidupan sosial, pribadi, akademik, ataupun perencanaan karir. Perilaku agresi berdampak negatif pada diri remaja. Dampak yang merugikan adalah munculnya persepsi yang kurang menyenangkan bagi remaja lain dalam lingkungan tertentu, utamanya lingkungan sekolah. Upaya untuk mereduksi perilaku agresif itu adalah dengan melaksanakan latihan self-regulation of emotion. Self regulation of emotion yang tidak terkontrol dapat mengganggu hubungan interpersonal, seperti mengungkapkan kemarahan secara bebas sehingga meningkatkan perilaku agresif. Kemampuan dalam mengatur emosi diri merupakan aspek penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Guru Bimbingan dan konseling memiliki peran untuk memaksimalkan kemampuan self regulation of emotion. Tujuh tahapan self regulation of emotion yaitu receiving atau menerima, evaluating atau mengevaluasi, triggering atau membuat suatu perubahan, searching atau mencari solusi, formulating atau merancang suatu rencana, implementing atau menerapkan rencana; dan assessing atau mengukur efektivitas dari rencana yang telah dibuat.

Item Type: Book
Additional Information: Pendekatan Konseling
Keyword: Self Regulation of Emotion, Behavior, Agresi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Agus Supriyanto
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:09
Last Modified: 14 Jul 2022 00:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item