Repository Universitas Ahmad Dahlan

Maesaroh,Choirul Bariyah, Siti Mahsanah B. (2011). "Analisis Human Error pada Aktivitas Operator Mesin Cut Saw (studi kasus pada CV. MP)"

Maesaroh, Maesaroh and Bariyah, S.T., M.T., Choirul and Mahsanah, STP., M.T., Siti Maesaroh,Choirul Bariyah, Siti Mahsanah B. (2011). "Analisis Human Error pada Aktivitas Operator Mesin Cut Saw (studi kasus pada CV. MP)". [Artikel Dosen]

[img] Text
ANALISIS HUMAN ERROR PADA AKTIVITAS OPERATOR MESIN CUT SAW STUDI KASUS PADA CV. MP.pdf

Download (4MB)

Abstract

CV. MP adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang furniture. salah satu tahap permesinan yang dijalankan adalah pemotongan kayu dengan mesin cut saw. pada tahap ini ditemukan kejadian kesalahan potong yang mengakibatkan bahan kayu yang bersangkutan tidak dapat digunakan lagi. kayu yang cacat karena kesalahan pemotongan tersebut biasanya hanya digunakan sebagai bahan bakar pengovenan. Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi jenis dan kejadian kesalahan operator mesin cut saw. perhitungan probabilitas terjadinya kesalah operator dilakukan dengan perbandingan jumlah kejadian kesalahan dengan jumlah aktifitas pemotongan yang dilakukan. berdasarkan hasil identifikasi tersebut selanjutnya ditelusuri penyebab terjadinya kesalahan untuk ditentukan pendekatan guna mengurangi kejadian kesalah kerja operator mesin cut saw. Dari hasil pengolahan dara didapatkan besaran nilai human error operator cut saw pada kondisi awal terkecil adalah 0,0109 dan terbesar 0,042. probabilitas kesalahan tertinggi adalah kesalahan dalam membaca ukuran pemotongan. Berdasarkan kesalahan yang teridentifikasi, dapat diketahui bahwa hal tersebut disebabkan adanya informasi yang tidak tersampaikan dengan baik, sehingga dicoba dirancang kartu perintah produksi sebagai media informasi terkait order pemotongan kayu, hasil perhitungan nilai human error opertor cut saw setelah impelementasi kartu produksi menunjukan penurunan dengan nilai terkecil 0,0009 dan terbesar 0,0297

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T., M.T. Choirul Bariyah
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:08
Last Modified: 09 Apr 2019 06:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.