Repository Universitas Ahmad Dahlan

Chirul Bariyah, Utaminingsih Linarti, Arfinda Nurfadli Guatnato.(2011).Implementasi Nasa Task Load Index dan Analisis Multivariat pada Pengukuran Beban Kerja Ketua Program Studi.

Bariyah, Choirul and Linarti, Utaminingsih and Gustanto, Nurfadli Chirul Bariyah, Utaminingsih Linarti, Arfinda Nurfadli Guatnato.(2011).Implementasi Nasa Task Load Index dan Analisis Multivariat pada Pengukuran Beban Kerja Ketua Program Studi. [Artikel Dosen]

[img]
Preview
Text
Implementasi Nasa Task Load Index dan Analisis Multivariat pada Pengukuran Beban Kerja Ketua Program Studi (Studi Kasus pada Universitas X).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan upaya penerapan ISO 9001:2008. Universitas X melakukan pembenahan dalam pengelolaan manajemen pada keseluruhan unitnya. berbagai Standard Operating Procedure (SOP) dikeluarkan sebagain acuan pelaksanaan setiap aktivitas akademik. berdasarkan pendapat sejumlah Kaprodi, hal tesebut membawa implikasi pada beratnya beban kerja yang disandang para Kaprodi dalam melaksanakan tanggung jawabnya, terlebih para kaprodu yang tidak dibantu, oleh sekretaris program studi. Sejumlah keluhan baik psikis maupun fisik diutarakan oleh para kaprodi seperi kesulitan untuk berkonsentrasi, gangguan tidur, perasaan kurangnya waktu, serta keluhan lain. Penelitian ini bermaksud mengukur beban kerja para kaprodi secara subjektif dengan metode NASA TLX. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh Kaprodi di Universitas X. Khususnya untuk jenjang S1 yang berkjumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner NASA TLX untuk emnggali penilian responden terhadap beban kerja yang mereka rasakan. Di samping itu juga dilakukan analisis perbedaan penilaian setiap responden terkait dengan perbedaan faktor usia dan gender dengan analisis multivariat. berdasarkan hasil perhitungan weighted workload dari 23 kuisioner yang terkumpul kembali, 65% masuk dalam kategori tinggi dan 35% masuk dalam kategori sangat tinggi. sementara itu hasil analisis multivariat menunjukan perbedaan usia dan gender tidak membawa perbedaan yang signifikan pada perbedaan penilaiaan terhadap beban kerja, meskipun dari nilia parsial eta square menunjukan kontribusi dari masing- masing kategori tersebut.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T., M.T. Choirul Bariyah
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:09
Last Modified: 09 Apr 2019 06:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.