ARTIKEL DAN FEATURE KKN ALTERNATIF UAD PERIODE 63 DIVISI II.A.2 TAHUN 2018/2019 Rejokesuman, Sokowaten, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Hastin, Wina (2019) ARTIKEL DAN FEATURE KKN ALTERNATIF UAD PERIODE 63 DIVISI II.A.2 TAHUN 2018/2019 Rejokesuman, Sokowaten, Tamanan, Banguntapan, Bantul. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (158kB)

Abstract

Dusun Rejokesuman adalah bagian dari desa Sokowaten Kecamatan Tamanan Kabupaten Banguntapan. Letak kampung ini posisinya diselatan ringroad Tamanan Yogyakarta. Dusun Rejokesuman itu sendiri dibagi dua yaitu Rejokesuman RT 03 dan RT 04. Dusun Rejokesuman setidaknya memiliki satu masjid yang berada di RT 03. Mayoritas warga didusun Rejokesuman Sokowaten beragama Islam.
Berbicara mengenai pemberdayaan atau “empowerment”, secara etimologis pemberdayaan berasal dari kata “daya” yang artinya kekuatan atau mengembangkan kemampuan. Pemberdayaan dapat diartikan sebagai suatu proses menuju berdaya atau prosesn untuk memperoleh daya/ kekuatan/ kemampuan atau proses pemberian daya/kekuatan/ kemampuan dari pihak yang kurang atau belum berdaya. Menurutt Sumodiningrat (1999) arti pemberdayaan (empowerment) adalah serangkaian dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta memperluas segala askses kehidupan sehingga mampu mendorong kemandirian yang berkelanjutan terhadap masyarakat. Dalam hal ini kelompok KKN Divisi II.A.2 lebih terfokuskan kepada masyarakat di dusun Rejokesuman Sokowaten dalam mengupayakan kesadaran akan perilaku hidup bersih dan sehat dan memberdayakan masyarakat dalam bidang perekonomian dan pendidikan.
Banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat terutama dimasjid Al Amin, salah satu yang dapat dilakukan adalah dalam hal menghidupkan sektor perekonomian masyarakat. pemberdayaan dalam sektor menghidupkan masyarakat untuk mengubah sikap, perilaku, dan keterampilan masyarakat. Pemberdayaan pada aspek ini dimulai dari masalah yang timbul dimasjid Al Amin. Sebagian besar masyarakat rejokesuman khususnya jamaah masjid Al-Amin mengharapkan adanya kegiatan – kegiatan yang bisa membangun perilaku masyarakat menjadi lebih baik.
Dimana kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan lebih mengenai sasaran khususnya dalam bidang keagamaan, diantaranya adanya kegiatan TPA untuk anak-anak setiap sore, Pengajian rutin bagi masyarakat yang biasanya dipisah antara pengajian ibu-ibu dilakukan setiap 2 minggu sekali, dan pengajian bapak-bapak dilaksanakan setiap jum’at pon. Serta pembacaan kitab al- qur’an dilaksanakan setiap ba’da maghrib.
Selain adanya kegiatan dalam bidang keagamaan, mahasiswa kkn juga melakukan kegiatan dalam bidang kesehatan diantaranya pendampingan posyandu balita dan lansia, pemeriksaan kesehatan tekanan darah, berat badan, gula darah dan kolesterol.

Item Type: Artikel mahasiswa
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Mahasiswa Wina Hastin Atasasih
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:28
Last Modified: 24 Jun 2019 08:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item