Repository Universitas Ahmad Dahlan

ANALSIS YURIDIS TERHADAP PENYELESAIAN KONFLIK SURIAH MELALUI RESOLUSI PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA

Widodo, Achmad Satriya (2019) ANALSIS YURIDIS TERHADAP PENYELESAIAN KONFLIK SURIAH MELALUI RESOLUSI PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
T1_1500024072_NASKAH_PUBLIKASI__190719091654.pdf

Download (704kB)

Abstract

Konflik Suriah disebabkan oleh adanya pemberontakan terhadap Pemerintah Suriah yang diawali dengan adanya demonstrasi Nasional oleh rakyat Suriah untuk menuntut pengunduran diri Presiden Bashar al Assad. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Dewan Keamanan (DK) mengeluarkan beberapa resolusi untuk menangani permasalahan di Suriah. Dikeluarkannya resolusi tersebut merupakan wujud dari kewenangan DK PBB sebagaimana diatur dalam Pasal 24 ayat (1) dan (2) Piagam PBB untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Penelitian ini membahas dua pokok permasalahan, yaitu membahas mengenai latar belakang dan analisis yuridis terkait dikeluarkannya Resolusi DK PBB No. 2254 Tahun 2015 dan Resolusi DK PBB No. 2328 Tahun 2016. Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama yakni, untuk mengetahui latar belakang dan menganalisis secara yuridis dikeluarkannya Resolusi DK PBB No. 2254 Tahun 2015 dan Resolusi DK PBB No. 2328 Tahun 2016 terkait penyelesaian konflik Suriah. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Disamping itu, bahan hukum yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder serta tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan yuridis normatif serta dengan metode deduksi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya latar belakang dikeluarkannya Resolusi DK PBB No. 2254 Tahun 2015 adalah sebagai langkah untuk dilakukannya gencatan senjata secara nasional yang akan dibarengi dengan transisi politik di Suriah. Sementara itu dikeluarkannya Resolusi DK PBB No. 2328 Tahun 2016 adalah untuk mewajibkan para pihak yang terlibat dalam konflik Suriah untuk menghormati dan memberikan perlindungan bagi warga sipil serta untuk melakukan evakuasi dan pemberian bantuan kemanusiaan bagi penduduk sipil.

Item Type: Naskah Publikasi (UNSPECIFIED)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 19 Jul 2019 09:02
Last Modified: 19 Jul 2019 09:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14095

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.