Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Film Pendek untuk Meningkatkan Kesiapan Karir (Uji Coba Produk pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Godean)

Nur Puspita, Santi and Putra Bhakti, Caraka (2019) Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Film Pendek untuk Meningkatkan Kesiapan Karir (Uji Coba Produk pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Godean). [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of Santi Nur Puspita.pdf] Text
Santi Nur Puspita.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pengembangan media bimbingan dan konseling film pendek untuk meningkatkan kesiapan karir (Uji Coba Produk pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Godean). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau banyak dikenal dengan nama Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Godean, dengan jumlah subyek 32 siswa yang dijadikan satu kelompok uji coba. Instrumen yang digunakan adalah skala kesiapan karir untuk siswa dan lembar penilaian berbagai ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli layanan BK. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan media film pendek dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam salah satu media layanan bimbingan dan konseling pada bidang karir.

Item Type: Artikel mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 30 Jul 2019 01:30
Last Modified: 30 Jul 2019 01:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14133

Actions (login required)

View Item View Item