PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TANJUNGSARI

Indriani, Marita and Budhi Handaka, Irvan (2019) PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TANJUNGSARI. [Artikel mahasiswa]

[img]
Preview
Text
T1_1500001077_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu peran guru bimbingan dan konselingdalam mengoptimalkan kemandirian dan potensi siswa di sekolah. Pengembangan modul pelatihan ini dilaksanakan karena layanan yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanjungsari belum menggunakan media yang menstimulasi kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Media modul pelatihan yang dikembangkan berisikan kegiatankegiatan yang menstimulasi siswa untuk aktif dalam proses layanan bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini disusun mengingat rendahnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa, menghasilkan Modul tentang Kemampuan Berpikir Kreatif, serta mengetahui kelayakan Modul tentang Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (research and development). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media layanan bimbingan dan konseling berupa Modul Pelatihan tentang Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanjungsari. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Pengembangan modul ini sampai pada tahap Development dengan melaksanakan uji ahli materi, uji ahli media, dan uji ahli layanan bimbingan dan konseling.Hasil penilaian yang diperoleh terhadap pengembangan modul pelatihan tentang kemampuan berpikir kreatif adalah Uji Ahli Media dengan skor 93,75, Uji Ahli Materi dengan skor 94, Uji Layanan BK dengan skor 93, dengan jumlah skor 280,75, dan rata-rata skor adalah 93,58 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Oleh karena itu, berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli layanan bimbingan dan konseling maka Modul Pelatihan tentang Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanjungsari dinyatakan layak untuk di gunakan oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanjungsari.

Item Type: Artikel mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:02
Last Modified: 30 Jul 2019 07:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item