SISTEM INFORMASI POSYANDU LANJUT USIA DI POSYANDU WREDO UTOMO

Fahmi, Muhamad and Fine Rahayu, Fitriya and Rahmawan, M. Arif and Harli Trimulya Suandi As, Banu and Meilawati, Noni and Desritasari, Annisa (2019) SISTEM INFORMASI POSYANDU LANJUT USIA DI POSYANDU WREDO UTOMO. [Laporan MTP] (Unpublished)

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN MTP.pdf] Text
ISI LAPORAN MTP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Posyandu lanjut usia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di suatu wilayah, membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan kepada para lansia serta lingkungan yang terkait lainnya. Dengan lingkup pelayanan yang begitu luas, tentunya banyak sekali permasalahan kompleks yang terjadi dalam proses pelayanan di posyanadu lansia.
Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas, anamnesis, diagnosis pengobatan, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang diberikan kepada lansia pada sarana pelayanan kesehatan yang meliputi pendaftaran lansia yang dimulai dari tempat penerimaan lansia, kemudian bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisa, mengolah, dan menjamin kelengkapan berkas rekam medis dari unit rawat jalan, unit rawat inap, unit gawat darurat, dan unit penunjang lainnya (Sjamsuhidajat ,dkk., 2006:11).
Pengelolaan data rekam medis di posyandu lanjut usia merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi. Pengelolaan data secara manual atau base paper, mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar. Dengan dukungan teknologi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual dapat digantikan dengan suatu sistem dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah, pengelolaan data juga menjadi lebih mudah. Data yang akurat bila diproses akan menghasilkan informasi sesuai kebutuhan, sehingga mampu memberikan informasi yang berguna dalam membuat keputusan, baik bagi manajemen maupun yang lain.

Pembuatan sistem ini bertujuan untuk membantu proses rekam medis dengan sistem informasi pendaftaran lansia rawat jalan berupa sebuah aplikasi yang dapat mempermudah dalam pengolahan data lansia dan mengantisipasi bila mana terjadi kesalahan pada data lansia agar dapat diberikan penanganan yang dapat mendukung dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Item Type: Laporan MTP
Additional Information: Management Tugas Proyek (MTP)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Muhamad Fahmi
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:39
Last Modified: 26 Jul 2019 03:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14146

Actions (login required)

View Item View Item