Repository Universitas Ahmad Dahlan

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN TERAPI DENGAN LUARAN TERAPI PADA PASIEN DM TIPE 2 DI TIGA PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA

Octapermatasari, Resti and Faridah, Imaniar Noor (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN TERAPI DENGAN LUARAN TERAPI PADA PASIEN DM TIPE 2 DI TIGA PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA. bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500023118_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Diabetes merupakan penyakit seumur hidup yang tidak dapat disembuhkan secara permanen sehingga banyak pasien yang jenuh dan tidak patuh dalam pengobatan yang menyebabkan tidak terkontrolnya kadar gula darah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kepatuhan terapi dengan luaran terapi pada pasien DM tipe 2 periode Maret-April 2019. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan analisis univariat dan bivariat. Penelitian ini dengan desain cross sectional dimana variabel bebas dan variabel terikat yang diambil memenuhi kriteria inklusi dengan data prospektif. Adapun kriteria inklusi yaitu pasien diabetes yang didiagnosa DM tipe 2 yang datang ke puskesmas dan pernah minimal 2 minggu atau sedang menggunakan obat sintetik, pasien dengan usia 18-65 tahun, bersedia menjadi responden, mampu berkomunikasi dengan baik, dan data rekam medik lengkap. Penelitian dilakukan di Puskesmas Kotagede 1, Puskesmas Danurejan 1, dan Puskesmas Gondomanan. Jumlah sampel 100 pasien yaitu kelompok diabetes yang didiagnosa DM tipe 2 dan diambil dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rekam medik dan kuesioner MARS. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 30 pasien yang patuh (30%) dan 70 pasien yang tidak patuh (70%). Sebanyak 47 pasien luaran terapinya terkontrol (47%) dan 53 pasien luaran terapinya tidak terkontrol (53%). Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara kepatuhan terapi dengan luaran terapi (p=0,359). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara kepatuhan terapi dengan luaran terapi (p>0,05).

Item Type: Naskah Publikasi (bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S1-Pharmacy (S1-Farmasi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:24
Last Modified: 07 Aug 2019 08:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.