ANALISIS BENTUK TRAUMA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PETER KARYA RISA SARASWATI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

Haris, Muhammad (2019) ANALISIS BENTUK TRAUMA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PETER KARYA RISA SARASWATI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500003009_ARTIKEL.pdf] Text
T1_1500003009_ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Bentuk Trauma Tokoh Utama dalam Novel Peter Karya Risa Saraswati Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA Kajian Psikologi Sastra”. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui bentuk trauma tokoh utama dan (2) novel Peter karya Risa Saraswati sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuaitatif dengan teori trauma Achmanto Mendatu kajian psikologi sastra. Digunakannya disiplin ilmu psikologi dan sastra bentujuan untuk mengetahui trauma yang dialami di dalam suatu karya sastra. Hasil penelitian ini menggambarkan yaitu respon dari trauma yang dialami dan dijadikannya novel Peter karya Risa Saraswati sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Bentuk/respon trauma yang paling banyak muncul adalah respon emosional dengan menunjukan rasa ketakutan.
Kata kunci: trauma, psikologi sastra, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:23
Last Modified: 07 Aug 2019 08:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item