Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENGARUH PELATIHAN ASET (AKAL SEHAT) UNTUK MENGURANGI INTENSI MEROKOK PADA REMAJA

Mashuri, Libuka and Hadi, Suyono and Tentama, Fatwa (2019) PENGARUH PELATIHAN ASET (AKAL SEHAT) UNTUK MENGURANGI INTENSI MEROKOK PADA REMAJA. Masters thesis, Universitas Ahmad Dahalan.

[img] Text
T2_1608044047_NASKAH_PUBLIKASI__190822083249.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan ASET (Akal Sehat) untuk mengurangi intensi merokok pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa SMP kelas VII yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala intensi merokok. Uji hipotesis menggunakan tekhnik uji wicoxon dan uji mann whitney dengan data diambil dari hasil pre-test dan post-test. Hasil analisi uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) (p = 0,001 < 0,05, sedangkan untuk uji mann whiteny Asymp. Sig. (2-tailed) (p = 0,000 < 0,05, artinya sangat signifikan, sehingga dapat dikatakan hipotesis diterima. Ada perbedaan yang sangat signifikan antara siswa yang diberikan pelatihan ASET (Akal Sehat) dengan yang tidak diberikan pelatihan. Tingkat intensi siswa yang diberikan perlakuan lebih rendah dibandingkan yang tidak mendapatkan pelatihan. Berdasarkan dari analisis tersbut dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh pelatihan ASET (Akal Sehat) untuk menurunkan intensi merokok pada remaja.

Item Type: Naskah Publikasi (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:48
Last Modified: 19 Sep 2019 08:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.